CARA MEMBUAT LAPORAN AKHIR

6:11 AM Unknown 0 Comments


CARA MEMBUAT LAPORAN AKHIR ON THE JOB TRAINING
AKOMODASI PERHOTELAN.
Contoh Laporan :
BAB I
    PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Penididikan merupakan suatu kegiatan yang bersifat umum bagi setiap manusia dimuka bumi ini. Pendidikan tidak terlepas dari segala kegiatan manusia. Salah satu cara untuk menerapkan pendidikan adalah Prakrin. Prakrin atau praktek kerja industri adalah suatu kegiatan dimana siswa terjun ke industri dan memperaktekan apa yang telah dipelajarinya disekolah. Prakrin juga dapat menambah pengalaman siswa dan bisa merasakan bagaimana orang bekerja. Salah satu industi yang sering dijadikan tempat prakrin yaitu perhotelan. Perhotelan merupakan industry yang bergerak dibidang jasa pelayan. Dalam dunia perhotelan siswa prakrin akan dapat berinteraksi dengan orang-orang dari manca Negara ataupun internasional, untuk itu siswa perakrin harus bisa berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda.
Di dalam Hotel kita akan tau departemen-departemen yang ada dan bergerak sesuai tugasnya masing-masing. Salah satunya yaitu departemen Front Office atau kantor depan. Department ini bertugas menerima pemesanan kamar tamu dan melayani segala permintaan tamu. Selain departemen FO (Front Office) ada juga departemen HK (house keeping) yang bertugas dan bertanggung jawab atas semua kebersihan fasilatas sarana dan prasarana Hotel. Kedua department ini sangat berperan penting dalam industry Hotel. Front Office selain menerima pesanan juga bertugas mengantar tamu ke kamar dan membawa barang bawaan tamu (luggage). Department FO yang bertugas mengantar dan membawa barang bawaan tamu yaitu bagian section Bell Boy.
Bell Boy yang bertugas membawa barang bawaan tamu juga harus memperhatikan dengan teliti jenis dan jumlah barang yang dibawa. Karena sering terjadi kesalahan pada saat pengantaran dan pengambilan barang tamu. Bellboy  juga bertugas sebagai Door Man/ pembuka pintu mobil untuk tamu. Biasanya Bell Boy selalu berada di lobby dan mengucapkan salam (greeting) ketika ada tamu yang lewat, dengan menggunakan bahasa yang berbeda. Hal yang harus diperlukan Bellboy yaitu penguasaan bahasa asing, karena bellboy juga bertugas menjelaskan semua fasilitas yang ada di dalam kamar tamu, dan menerangkan cara penggunaan fasilitas tersebut. Selanjutnya kinerja siswa akan dinilai oleh pembimbing dari industry dan diberikan pengarahan yang sesuai.
                Dengan berinteraksi dalam industi siswa akan dapat mempraktekan apa yang dipelajarinya di sekolah dan mendapatkan pengalaman kerja. Setelah siswa selesai prakrin di industry siswa akan diuji kembali disekolah dan mempresentasikan apa yang di dapatkan di industry.


1.2  Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara menangani tamu perorangan pada saat check-in ?
2.      Apakah tugas dan tanggung jawab seorang bellboy ?
3.      Apakah tujuan dari menangani tamu check-in perorangan ?

1.3  Tujuan Penulisan
1.       Sebagai syarat untuk mengikuti ujian akhir pada kelas XI setelah prakrin.
2.       Untuk memenuhi tugas yang telah diberikan oleh masing-masing guru pembimbing.
3.       Untuk melaporkan kegiatan siswa selama melaksanakan prakerin di Hotel Rama Candidasa Resort & SPA.
4.       Menambah daya kreatif dan sebagai latihan dalam membuat karya tulis dalam bentuk laporan.
5.       Untuk menjadikan media/sarana informasi bagi pembaca dan sebagai contoh untuk membuat laporan nantinya.
1.4  Manfaat Penulisan
a.       Bagi siswa
-          Menambah nilai tugas yang diberikan guru pembimbing dalam membuat dan menyusun lapoaran.
-          Menambah penetahuan dan pengalaman dalam membuat dan menyusun laporan.
-          Menambah kemampuan dalam menyusun dan mencari informasi dalam membuat laporan.

b.      Bagi pembaca
-          Menambah pengetahuan tentang menjadi soerang bellboy di Hotel.
-          Menambah pengetahuan tentang prakrin.
-          Sebagai sarana informasi kegiatan on the job training di Hotel Rama Candidasa Resort & Spa.
-          Menambah pengetahuan dan menjadi contoh pembuatan laporan bagi yang membutuhkan.

1.5  Batasan  Masalah
Masalah tentang pariwisata sangatlah luas dan banyak jeniasnya. Agar pembahasan laporan ini lebih terarah, laporan ini hanya membahas tentang :
-          Tugas dan tanggung jawab bellboy dalam menangani tamu check-in dan check-out.
-          Sejarah dan organisasi Hotel Rama Candidasa Resort & Spa.
-          Kendala, manfaat, dan, pengetahuan yang didapat pada saat menjadi bellboy.



0 comments: