CARA MEMBUAT LAPORAN AKHIR
CARA MEMBUAT LAPORAN AKHIR ON THE JOB
TRAINING
AKOMODASI PERHOTELAN.
Contoh Laporan :
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Penididikan merupakan suatu
kegiatan yang bersifat umum bagi setiap manusia dimuka bumi ini. Pendidikan
tidak terlepas dari segala kegiatan manusia. Salah satu cara untuk menerapkan
pendidikan adalah Prakrin. Prakrin atau praktek kerja industri adalah suatu
kegiatan dimana siswa terjun ke industri dan memperaktekan apa yang telah dipelajarinya
disekolah. Prakrin juga dapat menambah pengalaman siswa dan bisa merasakan
bagaimana orang bekerja. Salah satu industi yang sering dijadikan tempat
prakrin yaitu perhotelan. Perhotelan merupakan industry yang bergerak dibidang
jasa pelayan. Dalam dunia perhotelan siswa prakrin akan dapat berinteraksi
dengan orang-orang dari manca Negara ataupun internasional, untuk itu siswa
perakrin harus bisa berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda.
Di dalam Hotel kita akan tau
departemen-departemen yang ada dan bergerak sesuai tugasnya masing-masing.
Salah satunya yaitu departemen Front Office atau kantor depan. Department ini
bertugas menerima pemesanan kamar tamu dan melayani segala permintaan tamu.
Selain departemen FO (Front Office) ada juga departemen HK (house keeping) yang
bertugas dan bertanggung jawab atas semua kebersihan fasilatas sarana dan
prasarana Hotel. Kedua department ini sangat berperan penting dalam industry
Hotel. Front Office selain menerima pesanan juga bertugas mengantar tamu ke
kamar dan membawa barang bawaan tamu (luggage). Department FO yang bertugas
mengantar dan membawa barang bawaan tamu yaitu bagian section Bell Boy.
Bell Boy yang bertugas membawa
barang bawaan tamu juga harus memperhatikan dengan teliti jenis dan jumlah
barang yang dibawa. Karena sering terjadi kesalahan pada saat pengantaran dan
pengambilan barang tamu. Bellboy juga bertugas sebagai Door Man/ pembuka
pintu mobil untuk tamu. Biasanya Bell Boy selalu berada di lobby dan
mengucapkan salam (greeting) ketika ada tamu yang lewat, dengan menggunakan
bahasa yang berbeda. Hal yang harus diperlukan Bellboy yaitu penguasaan bahasa
asing, karena bellboy juga bertugas menjelaskan semua fasilitas yang ada di
dalam kamar tamu, dan menerangkan cara penggunaan fasilitas tersebut. Selanjutnya
kinerja siswa akan dinilai oleh pembimbing dari industry dan diberikan
pengarahan yang sesuai.
Dengan
berinteraksi dalam industi siswa akan dapat mempraktekan apa yang dipelajarinya
di sekolah dan mendapatkan pengalaman kerja. Setelah siswa selesai prakrin di
industry siswa akan diuji kembali disekolah dan mempresentasikan apa yang di
dapatkan di industry.
1.2 Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana cara menangani tamu perorangan pada saat check-in ?
2.
Apakah tugas dan tanggung jawab seorang bellboy ?
3.
Apakah tujuan dari menangani tamu check-in perorangan ?
1.3 Tujuan
Penulisan
1.
Sebagai syarat untuk mengikuti ujian akhir pada kelas XI setelah prakrin.
2.
Untuk memenuhi tugas yang telah diberikan oleh masing-masing guru
pembimbing.
3.
Untuk melaporkan kegiatan siswa selama melaksanakan prakerin di Hotel
Rama Candidasa Resort & SPA.
4.
Menambah daya kreatif dan sebagai latihan dalam membuat karya tulis dalam
bentuk laporan.
5. Untuk menjadikan
media/sarana informasi bagi pembaca dan sebagai contoh untuk membuat laporan
nantinya.
1.4 Manfaat
Penulisan
a.
Bagi siswa
-
Menambah nilai tugas yang diberikan guru pembimbing dalam membuat dan menyusun
lapoaran.
-
Menambah penetahuan dan pengalaman dalam membuat dan menyusun laporan.
-
Menambah kemampuan dalam menyusun dan mencari informasi dalam membuat laporan.
b.
Bagi pembaca
-
Menambah pengetahuan tentang menjadi soerang bellboy di Hotel.
-
Menambah pengetahuan tentang prakrin.
-
Sebagai sarana informasi kegiatan on the job training di Hotel Rama Candidasa
Resort & Spa.
-
Menambah pengetahuan dan menjadi contoh pembuatan laporan bagi yang
membutuhkan.
1.5 Batasan
Masalah
Masalah tentang pariwisata sangatlah luas dan banyak
jeniasnya. Agar pembahasan laporan ini lebih terarah, laporan ini hanya
membahas tentang :
-
Tugas dan tanggung jawab bellboy dalam menangani tamu check-in dan check-out.
-
Sejarah dan organisasi Hotel Rama Candidasa Resort & Spa.
-
Kendala, manfaat, dan, pengetahuan yang didapat pada saat menjadi bellboy.
0 comments: